Membuat Ukuran Form Pencetakan Sendiri


Dalam beberapa hal kita akan membutuhkan sebuah ukuran form pencetakan yang harus disesuaikan dengan kebutuhan kita sendiri. Berikut saya terangkan step by step bagaimana cara untuk membuat sebuah Ukuran Form Pencetakan sendiri yang sesuai dengan kebutuhan. Kegunaan membuat form ukuran sendiri ini adalah membebaskan user dalam melakukan pencetakan selain itu memudahkan juga para programmer aplikasi dalam setting ukuran form saat pencetakan dan dalam pengaplikasiannya harus diterapkan pada satu unit printer yang dikhususkan mencetak ukuran yang diinginkan. Misalnya : Untuk melakukan efisiensi pemakaian kertas maka aplikasi-aplikasi yg menerbitkan bukti-bukti seperti Faktur, Surat Jalan dan sebagainya maka dipakai kertas ukuran A4 yang dibagi dua dan sudah berbentuk Continous Form yg sudah diperforasi ukurannya.

Dalam bahasan ini akan membahas untuk membuat sebuah form dengan ukuran setengah A4 (yang lazim dipergunakan dalam pembuatan form-form transaksi di aplikasi perkantoran), dalam contoh ini diterapkan dalam OS MS Windows untuk di OS lain secara prinsip mempunyai kesamaan yang membedakan hanya posisi pemilihan menunya saja saat melakukan setting.

Langkah pertama adalah membuat Formnya dengan membuka windows yang mengurusi setting printer dan fax dengan memilih tombol Start – Printer and Fax, maka akan keluar form seperti berikut :

Image

Dari tampilan diatas klik menu File, kemudian pilih menu Server Properties, seperti pada tampilan dibawah ini :

Image kemudian akan tampil tampilan berikut :

Image

Dari tampilan diatas pilihlah centang Create a New Form, maka kolom-kolom yang merupakan komponen setting ukuran akan bisa diedit. Editlah kolom – kolom berikut :

Kolom Form Name = Isi dengan Nama Form yang diinginkan seperti disini misalnya IMS Form A4/2

Kolom Paper Size yang merupakan ukuran Heigh = Tinggi kertas dan Width = Lebar Kertas serta kolom-kolom Area Pencetakan (margin) yang bisa ditentukan Left, Right, Top dan Bottom-nya

Setelah selesai tekanlah tombol Save Form.

Langkah Kedua adalah menerapkan Form yang sudah dibuat kedalam Jenis Printer yang akan dipakai untuk penggunaan Form yang telah dibuat tadi dan akan menjadikan nilai default terhadap printer yang kita pilih.

Klik kanan di nama printer yang akan memakai ukuran form, kemudian pilih menu Printing PreFerences seperti tampilan berikut :

Image Kemudian akan tampil tampilan berikut :

Image

Dari tampilan diatas klik tombol Advance, maka akan tampil seperti berikut :

Image

Klik Combobox Paper Size, kemudian cari nama Form yang sudah diabuat tadi (sebagai contoh kita pakai IMS A4/2) :

Image

Klik saja namanya, kemudian akan tampil seperti berikut :

Image

Klik saja Tombol OK untuk menjadikan Form yang dibuat tadi sebagai default pencetakan atas nama printer ini.

Langkah selanjutnya adalah tinggal memakai nama printer tersebut untuk melakukan pencetakan sesuai dengan ukuran Form yang telah ditentukan.

Demikian cara membuat Ukuran Form Pencetakan Sendiri, semoga bisa bermanfaat.

Bandung, 20 Maret 2013

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: