Penyusutan Aktiva Tetap


Penyusutan atau depresiasi merupakan proses pengalokasian harga perolehan aktiva tetap menjadi biaya selama masa manfaat dengan cara rasional dan sistematis.  Aktiva Tetap (kecuali tanah) yang dipakai dalam suatu perusahaan dari waktu kewaktu kemampuan untuk menghasilkan barang dan jasa cenderung akan semakin menurun baik secara fisik maupun fungsinya.  Penyusutan bukan penilaian aktiva tetapi merupakan proses pengalokasian harga perolehan menjadi biaya setiap periode akuntansi.

Faktor yang mempengaruhi biaya penyusutan adalah harga perolehan (cost), nilai sisa (salvage) dan masa manfaat (life). Harga perolehan merupakan harga beli ditambah semua biaya seperti pajak, biaya angkut sampai dengan biaya pemasangan. Nilai sisa atau residu adalah jumlah yang diterima bila aktiva dijual atau ditukarkan, atau cara lain apabila aktiva tersebut sudah tidak dipergunakan lagi, dikurangi biaya-biaya yang terjadi saat menjual atau menukar (biaya pelepasan). Masa manfaat atau umur ekonomis (life), merupakan jangka waktu pemakaian aktiva yang diharapkan oleh perusahaan dari suatu aktiva.  Taksiran umur ekonomis dapat dinyatakan dalam satuan periode waktu (biasanya tahun), satuan hasil produksi, atau satuan jam kerja dengan mempertimbangkan sebab keausan fisik dan fungsional.

METODE PENCATATAN PENYUSUTAN AKTIVA

Penjelasan tentang penyusutan atau depresiasi diatas hanya berlaku untuk laporan keuangan komersial yang mengacu pada PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan) No. 17.  Untuk keperluan perpajakan, perhitungan penyusutan menggunakan metode dan aturan berbeda. Perbedaan cara dan metode yang digunakan menyebabkan hasil perhitungan diantara keduanya berbeda sehingga dilakukan koreksi fiskal.  Penyusutan atau depresiasi untuk keperluan laporan keuangan komersial dapat dicatat dan dilaporkan menggunakan salah satu metode dibawah ini :

  1. Garis Lurus (straight-line method)
  2. Jumlah Angka Tahun (sum of years digit method)
  3. Saldo Menurun (declining balance method)
  4. Hasil Produksi (productive output method)
  5. Jam Jasa (service hour method)

End Of Topik …

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: